23 Ayat Alkitab yang Membantumu Menghadapi Kerasnya Cobaan Hidup

Apakah kamu mengalami hari-hari yang buruk dimana rasanya semua rencanamu tak berjalan sesuai harapan? Apakah kamu merasa putus asa karena menghadapi berbagai cobaan dalam hidup?

Situasi ini selalu dan akan terus kita hadapi dalam hidup ini. Masalah pasti datang dan pergi. Setiap masalah menguji kita, sejauh mana kita kuat menghadapi semua itu.

Bersyukurlah karena kita memiliki iman akan kuasa Tuhan, yang selalu senantiasa membantu kita melewati masa-masa sulit, hari-hari buruk dan semua cobaan itu.

Jika kamu saat ini berada dalam situasi yang tak menguntungkan, berbagai cobaan datang bertubi-tubi, berdoalah minta pertolongan Tuhan.

Bacalah juga firman-firman Tuhan dalam Alkitab yang akan membantumu tetap kuat menghadapi semua tantangan.

Berikut ini kami coba rangkumkan ayat-ayat yang bisa membantumu menghadapi situasi buruk dalam hidup :

23 Ayat Alkitab yang Membantumu Menghadapi Kerasnya Cobaan Hidup

1Hari yang sulit dan cobaan yang datang itu menyebalkan. Semua sudah terjadi, hadapi situasi dengan kepala dingin dan cari solusi terbaik.

1. Yakobus 1: 2-5

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

2. Roma 5: 3-4

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

3. Pengkhotbah 7:14

Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang inipun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan sesuatu mengenai masa depannya.

2Berdamailah dengan keadaan. Hadapi semua dengan semangat karena Tuhan membimbing setiap langkahmu.


4. Yohanes 16:33

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

5. Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

3Kuatlah hatimu. Bukankah tantangan harus dihadapi? Mintalah selalu penyertaan Tuhan dalam doamu.

Mantapkan langkahmu (Sumber foto Pixabay)
6. Efesus 6:10

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

7. Ulangan 31: 8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

8. Mazmur 121: 7

TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.

9. Roma 8: 28-29

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

10. Filipi 4:19

Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

4Tuhan adalah tempat perlindungan kita. Andalkan Tuhan dalam hidupmu. Jadikan Dia terang dalam gelap jalanmu, biarkan Tuhan membimbingmu.

Jangan takut, Tuhan menjagamu(Sumber foto Pixabay)
11. Mazmur 32: 7

Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak.

12. Mazmur 9: 9

Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.

13. Nahum 1: 7

TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.



5Tuhan akan menghiburmu, memberimu penguatan untuk melewati setiap cobaan dalam hidup.


14. Matius 5: 4

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

15. 2 Korintus 1: 4

Yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

6Berdoalah minta petunjuk-Nya. Biarkan Tuhan ikut bekerja mengatasi masalahmu.


16. Filipi 4: 6-7

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

17. 1 Petrus 5: 7

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

18. Mazmur 50:15

Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.

7Selalu bersyukur dalam segala situasi. Anggaplah hari buruk kita adalah hari baik bagi sebagian orang. Bersyukurlah dalam untung dan malang. Tuhan maha mengetahui segala yang terbaik untuk kita.

Bersyukur karena Tuhan gembala yang baik (Sumber foto Pixabay)
19. 1 Tesalonika 5:18

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

20. Efesus 5:20

Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.

8Ingatlah bahwa Tuhan adalah gembala kita. Bersama Tuhan, segala cobaan bisa kita lewati. Ingat, Tuhan tidak akan mencobai kita melewati batas kemampuan kita. Tuhan akan menyelamat kita.


21. Mazmur 23: 1

Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

22. 1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

23. Mazmur 34:18

TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Jangan lupa share lagi ya artikel ini agar semakin banyak orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »